Sebuah daftar panjang layanan data center cloud Microsoft Azure yang berfungsi selama berjam-jam, hari Jumat untuk subset dari pelanggan yang menggunakan layanan host di sebuah pusat data Microsoft di Jepang mengalami gangguan pada sistem pendingin yang disebabkan oleh kegagalan RUPS (rotary uninterruptible power supply).

Masalah Pendinginan Data Center Cloud Azure di Jepang

Pelanggan mengalami kesulitan menghubungkan ke sumber daya yang beradap pada infrastruktur penyimpanan dalam wilayah Jepang Timur. Baik penyimpanan maupun mesin virtual terkena dampak, bersama dengan banyak layanan cloud seperti Web Apps, Backup, HDInsight, Key Vault, dan Pemulihan Situs. Gangguan layanan data center cloud azure tersebut juga termasuk tidak tersedianya mesin virtual dan reboot VM.

Para tenaga ahli telah mengidentifikasi penyebab hilangnya pendinginan yang menyebabkan beberapa sumber daya harus menjalani shutdown otomatis untuk menghindari overheating dan menjamin integritas dan ketahanan data. Data center cloud Azure dikelola oleh vendor pihak ketiga, bukan Microsoft.

Kegagalan sistem UPS tersebut menyebabkan terputusnya pasokan listrik ke sistem distribusi daya yang dibutuhkan pada penanganan udara dari pusat data hosting Jepang Timur. Kegagalan pendingin udara menyebabkan peningkatan suhu di dalam data center cloud tersebut.

Teknisi dari pihak ketiga yang menyediakan layanan operasional infrastruktur data center cloud Microsoft me-restart penanganan udara dan menggunakan aliran udara luar untuk mendinginkan fasilitas.

Kronologi Masalah dan Penyelesaian

Masalah tersebut dimulai sekitar 07:00 waktu Pasifik dan terus ke sore hari dimana para teknisi data centet cloud Azure bekerja untuk mengembalikan sistem. Suhu di fasilitas itu kembali dalam rentang normal sekitar pukul 09:00, dan pada jam 3 sore para teknisi mengkonfirmasi bahwa infrastruktur penyimpanan dan semua layanan terkait telah berhasil pulih.

Pada pagi hari tanggal 3 April, perusahaan belum mengatakan apa penyebab kegagalan UPS itu. Update terbaru mengenai insiden tersebut, di posting pada saat pemadaman, akar penyebab masih diselidiki, dan komponen rotary UPS dikirim untuk di analisa.

Desain sistem pendingin dan sistem distribusi tenaga listrik memiliki redundansi khas yang dibangun untuk cadangan. Sistem pendingin adalah N + 1, berarti ada unit pendingin ekstra tersedia jika terjadi kegagalan. Sistem distribusi tenaga listrik berjalan pada N + 2, tapi satu UPS di baris paralel N + 2 gagal dan listrik terputus untuk sistem seluruh sistem pendingin seluruh di data center cloud itu.

Baca Juga: Mengukur Efisiensi Pendinginan di Data Center

Sementara pemadaman paling konsekuensial awan tahun – layanan penyimpanan Amazon Web Services mengalami krisis pada akhir Februari – disebabkan oleh salah ketik perintah. Insiden hari Jumat di Jepang berfungsi sebagai pengingat dari sifat yang sangat fisik dari data center Cloud.

Masalah di Data Center

Masalah pendinginan di data center cloud merupakan hal yang umum. Tapi jika penyebabnya dari masalah kegagalan kelistrikan ini terjadi di beberapa data center saja dan pemadaman di Microsoft adalah contoh dari kegagalan yang paling akhir terjadi. Gangguan fungsi uninterruptible power supplies secara konsisten dilaporkan sebagai penyebab paling umum dari pemadaman data center dalam survei berkala oleh Ponemon Institute (Emerson/Vertiv)

Microsoft Azure meluncurkan layanan di wilayah Jepang Timur, yang diselenggarakan di sebuah data center di Saitama dan wilayah Jepang Barat diselenggarakan di sebuah data center di Osaka, pada tahun 2014.

Saat ini, Indonesia telah memiliki beberapa data center berkelas dunia yang dapat anda andalkan untuk operasional IT terus menerus tanpa henti. Contoh downtime dari AWS dan Azure yang lebih dari 1.5 jam merupakan penurunan kualitas TIER dari Infrastruktur data center tersebut.

Sebuah perusahaan cloud di Jepang juga telah memakai data center di Indonesia untuk infrastruktur data center mereka. Penggunaan Rotary UPS telah beberapa kali menyebabkan layanan data center mengalami kelumpuhan dalam kurang dari 1 tahun ini.

Advertisements