Pada era transformasi digital, pengguna data center kian bertambah di Indonesia. Berdasar Indeks Evolusi Digital,Indonesia termasuk ranking ke 15 yang termasuk cepat pertumbuhan evolusi digitalnya.

Beberapa pengguna data cetner sebelumnya dari institusi keuangan seperti perbankan dan asuransi, kini mulai merambah ke pemerintahan dan para penyedia jasa aplikasi online seperti ojek online, taxi online, dan sebagainya.

Salah satu fungsi data center outsource adalah untuk lokasi back up sistem aplikasi, infrastruktur IT, dan database. Selain itu tentunya juga sebaga pusat operasi day to day basis.

Daftar Pengguna Data Center di Indonesia

Pada dasarnya pengguna data center adalah semua aktivitas yang memerlukan kemanan sistem aplikasi dan dokumentasi elektronik dan juga dapat diakses secara terus menerus dan cepat.

Pengguna Data Center

Berikut para pengguna data center di tahun 2016 berdasarkan pengamatan kami:

  • Pemerintahan, biasanya hanya sebagai upaya mitigasi bencana untuk keberlangsung aktivitas IT dan penyimpanan dokumen.
  • Perusahaan Skala Enterprise, baik sebagai operasional day-to-day maupun sebagai Disaster Recovery Center.
  • Marketplace, sebagai co location data center untuk operasional sehari-hari, seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya.
  • Media Berita Elektronik, menggunakan data center baik sebagai operasional, cadangan, maupun untuk online streaming.
  • Institusi Finansial, mengandalkan data center dari segi standar kualitas layanan yang aksesibel dan juga aman.
  • Penyedia Jasa Aplikasi Online, seperti Gojek, Uber, Grabbike, Spotify, dan perusahaan jasa aplikasi lainnya yang tergolong sangat membutuhkan kecepatan dan kestabilan akses aplikasi oleh ribuan sampai jutaan orang setiap harinya.
  • Game Online Provider, untuk meletakan aplikasi game online beserta sistem monitoringnya.
  •  Organisasi Profesi atau Asosiasi Profesi, yang memilki ribuan anggota dan secara berkala harus akses web untuk mendapatkan informasi serta submit dokumen, tentu sangat penting menggunakan data center yang dapat diandalkan.
  • Perusahaan Hosting, untuk seluruh kebutuhan operasional IT.
  • Internet Service Provider, baik untuk back up maupun untuk server squid.
  • Dan perusahaan menengah yang sedang berpotensi untuk memperluas layanan usahanya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Layanan Data Center

Beberapa alasan menggunakan data center cukup banyak, selain lebih aman dan dapat di andalkan juga investasi untuk membangun data center sendiri cukup besar. Sehingga bagi perusahaan menengah yang sedang berprospek untuk menjadi besar dapat lebih menghemat modalnya dengan menyewa pada sebuah jasa layanan data center yang dapat diandalkan untuk kegiatan operasional bisnisnya dari waktu ke waktu tanpa harus beresiko kehilangan fokus pada bisnis utama.

Persaingan usaha dalam transformasi digital sangat memberikan peluang pada siapapun mulai dari nol menjadi perusahaan besar sekalipun, dan ini sudah terjadi di Indonesia seperti pada Gojek yang dalam 4 tahun menjadi sangat besar dengan ratusan ribu armada transportasi.

Demikian untuk perusahaan menengah, sangat terbuka kesempatan menjadi perusahaan yang lebih besar dengan di dukung infrastruktur ICT dan pengolahan data yang baik untuk pengambilan keputusan.

Sebagai contoh,

Perusahaan makanan yang melayani sistem pengantaran online, tentunya selain bersaing dari rasa juga mutu pelayanan sangat mempengaruhi kelangsung bisnis makanan. Dengan aplikasi online perusahaan makanan skala menengah dapat lebih banyak menjangkau konsumen tanpa harus investasi membuka cabang offline yang nilainya dapat menembus milyaran rupiah.

Sebuah data center di Indonesia yang berintegrasi dengan layanan pembuatan aplikasi dan melayani IT support secara penuh tentunya merupakan pilihan tepat untuk perusahaan menengah tersebut melakukan terobosan untuk menjaring pasar yang lebih luas.

Kondisi Industri Digital di Indonesia

Di tahun 2016 ini, Indonesia sedang berada pada zona “Break Out” berdasar Indeks Evolusi Digital yang menandakan bahwa era transformasi digital di Indonesia sedang bertumbuh kembang dengan cepat dan di dukung oleh pemerintah baik dari regulasi, kebijakan maupun hal lainnya.

Dan pertumbuhan industri digital indonesia selain dari masuknya para investor asing yang menanamkan modal, juga makin banyaknya tumbuh online entrepreneur dengan ide-ide kreatif diluar batas pemikiran umum yang mampu memecah masalah seperti mengubah pemborosan menjadi sesuatu yang efisien.

Dengan demikian era persaingan usaha dari skala kecil sampai enterprise tidak terlepas dari terobosan melakukan modernisasi sistem internal dan eksternal untuk semakin mempercepat pertumbuhan usaha sembari melakukan efisiensi.

Semoga informasi siapa saja pengguna data center ini dapat bermanfaat untuk khalayak umum, terutama untuk pemerintahan, pelaku bisnis dan para profesional IT di Indonesia.

Advertisements